KEMENPAN RB Lakukan Penilaian Kinerja Pelayanan DPMPTSP Mamuju

Blog Single

Kemenpan RB yang diwakili Tim Evaluator dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Provinsi Sulawesi Barat kunjungi DPMPTSP Mamuju Selasa 30 Agustus 2022. Tim tang dipimpin langsung oleh Kepala Biro Ortala Provinsi Sulawesi Barat Hamdani Hamdi, S.Ip. M.Si. diterima langsung oleh Kepala DPMPTSP Mamuju Hj. Hasnawaty Syam, SE., M.Si. didampingi Sekretaris dan Kepala Bidang lingkup DPMPTSP Mamuju.

 

Dalam pengantarnya Kepala Biro Ortala mengatakan bahwa kunjungan ini dimaksudakan untuk melakukan melihat langsung penyelenggaraan pelayanan Publik di DPMPTSP Mamuju serta melakukan evaluasi terhadap aspek pelayana publik di DPMPTSP Mamuju. Ia menambahkan bahwa Penilaian Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2022 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yakni terdapat beberapa perubahan bobot penilaian pada aspek yang dinilai. Pedoman penilaian PEKPPP tahun ini berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 29 Tahun 2022 tentang Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) serta Petunjuk Pelaksanaannya yaitu Pedoman Menpan RB Nomor 1 Tahun 2022 tentang Instrumen dan Mekanisme Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik. Secara umum aspek pengukuran yang digunakan dalam penilaian ini masih mengukur 6 (enam) aspek yaitu Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi.

 

Sementara itu Kepala DPMPTSP dalam sambutannya menjelaskan kondisi Kantor DPMPTSP Mamuju yang saat ini masih  terlihat bekas dampak Gempa Bumi Januari Tahun  2021, namun bukan menjadi penghalang untuk tetap berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayana kepada masyarakat dengan sebaik-bainya meskipun dalam kondisi Kantor DPMPTSP yang terbatas. Ia menambahkan bahwa tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Mamuju telah menganggarkan Pembangunan Gedung baru untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) sekaligus Kantor  DPMPTSP di Lantai 2. Diharapkan dengan pembangunan Gedung baru nantinya Penyelenggaraan Pelayanan Publik semakin baik dan sesuai standar pelayanan public. Mengakhiri sambutannya Kepala DPMPTSP Mamuju berharap dapat memperoleh nilai yang lebih baik minimal mempertahankan nilai “B (Baik)” yang diperoleh tahun lalu.

Usai rapat penerimaan dilanjutkan dengan pengamatan langsung Penyelenggaraan Pelayanan oleh Tim Evaluator seperti Sarana dan Prasarana, Konsultasi Pengadusn dan Sarana Penunjang lainnya. (IK/IX-2022)

Share this Post:

Related Post